Kamis, 12 Juli 2012

TERSAMPAIKAN PADA BULAN RAMADHAN


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Al-baqarah (2) : 183)


Tinggal menunggu waktu Ramadhan akan tiba menyelimuti segala kegelisahan, keburukan, dan segala hal yang kurang baik dimata ALLOH. Ramadhan bagaikan penebusan dosa yang siap melipatgandakan kebaikan yang kita lakukan, menahan kita agar tidak berbuat buruk, serta hal-hal lain yang saat-saat itu semua menjadi lebih damai dan tentram. 


Berbanggalah dengan hadirnya bulan Ramadhan nan Barakah, berikan yang terbaik untuk tahun ini karena kita tidak pernah tahu ALLOH masih memberikan kita kesempatan bertemu Ramadhan tahun depan atau tidak.Jika Ramadhan yang lalu masih belum memberikan efek apapun pada diri kita, maka sebenarnya ALLOH memberikan kesempatan kita pada Ramadhan saat ini, manfaatkanlah waktu yang ada dan gapailah cita tertinggi yaitu ridha ALLOH SWT. Bermimpilah besar untuk akhirat, karena kita terlalu sering bermimpi dunia. Tujulah tujuan hidupmu yang sebenarnya, bertemu ALLOH serta Rasulullah. Semoga kita termasuk umat yang diberikan syafaah oleh Rasulullah. Aaamiin..
Ada beberapa hal dalam mempersiapkan diri kita menghadapi bulan Ramadhan, beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain :


1. Siapkanlah Niat terbaik kita tahun ini dengan niat yang hakiki, agar puasa kita berkah, ibadah kita diterima serta menghilangnya kebiasaan syaithan yang selalu mengganggu kita. Hal ini merupakan hal yang mudah namun susah, karena urusan niat merupakan urusan hati bahkan terkadang diri kita tidak tahu bahwa niat kita telah melenceng. Maka salah satu mengatasi agar niat kita tidak melenceng adalah dengan berdo’a pada ALLOH agar niat kita diluruskan. Urusan hati merupakan kehendak ALLOH, ALLOH Maha membolak-balikan hati manusia maka sepantasnya diri kita memohon agar hati ini senantiasa diluruskan.


2. Siapkanlah fisik kita, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan fisik kita sebelum datang bulan Ramadhan. Salah satu cara adalah dengan berpuasa sunah, baik puasa senin-kamis maupun puasa sunah lain. Tetapi tidak ada puasa khusus sebelum Ramadhan, lakukanlah puasa sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah.


3. Siapkan pengetahuan kita tentang puasa Ramadhan, kaidah puasa Ramadhan, keutamaan-keutamaan puasa Ramadhan. Karena banyak dari kita yang hanya puasa menahan lapar dan haus namun tidak mendapatkan pahala sedikitpun, jangan sampai kita termasuk golongan orang yang seperti itu. Bisa pula mencari kaidah-kaidah fiqih puasa ramadhan, baik hal-hal yang membatalkan puasa, membatalkan pahala puasa, pahala yang berlipat saat melakukan kegiatan tertentu seperti dzikir, tilawah, shalat sunah, dll. Tetapi jangan berpegang pada hadits yang menjelaskan tentang tidur adalah ibadah, tidur lebih baik dari pada melakukan keburukan. Namun tidurseharian tanpa melakukan apapun akhirnya menjadi haram dan dapat membatalkan pahala puasa kita.


4. Siapkan target tahun ini, seperti khatam qur’an dengan terjemahannya, menambah hafalan  1 juz al-qur’an, I’tikaf dimasjid dekat rumah ataupun di masjid agung di kota masing-masing, shalat tasbih, tahajud, dll serta banyak kegiatan atau target lain yang bisa kita catat dalam agenda bulan ramadhan kita.


5. Siapkan jadwal full di bulan Ramadhan, keburukan dapat hadir saat kita tidak melakukan hal-hal yang bermanfaat, maka untuk mencegah keburukan jadwalkanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dalam bulan Ramadhan. Pada hari kerja kita akan disibukan oleh pekerjaan kita, namun ada kalanya libur waktu awal ramadhan dan akhir ramadhan. Pada awal ramadhan isilah kegiatan dengan ta’lim-ta’lim islami, serta pengkajian tentang al-qur’an, hadits, kitab, dll. Pada akhir ramadhan isilah dengan I’tikaf, menghafal alqur’an, dll. Atau bisa saja mengisi kegiatan manfaat lain seperti menulis buku, blog, membaca buku, mengerjakan tugas atau skripsi, buka puasa bersama, dan hal-hal lain yang lebih menarik tetapi tetap bermanfaat.


Berbahagialah masih diberikan kesempatan menemui bulan ramadhan, dan berdo’alah kepada ALLOH agar tersampaikan pada bulan ramadhan, karena banyak orang yang akhirnya dicabut nyawanya oleh malaikat izrail sebelum akhirnya bertemu dengan bulan ramadhan.


Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk siapa saja yang membacanya, termasuk penulis sendiri yang masih harus memperbaiki diri. Kadang lidah ini sangat tajam menusuk, maka maafkanlah penulis atas segala kesalahan penulis selama ini. Semoga kita sampai pada bulan yang barakah, dan dapat memperbaiki diri kita. Allahu’alam bishawab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar